Yesus Kristus Yang Termulia

Oleh : Stephen Tong
Dikirim oleh: ProJesusChrist (Einjil.com)

Untuk sahabat2 Kristus, sebuah cuplikan renungan dari kotbah Stephen Thong:

1. Yesus harus berada di bawah pengasuhan hukum Taurat 100%. Mengapa Yesus dibaptiskan oleh seorang manusia yang namanya Yohanes Pembaptis? Karena Dia harus menjalankan segala syariat Taurat. Alkitab mengatakan, 'Yesus harus menunggu sampai umur 30 th baru keluar menjadi Mesias.' Mengapa? Karena menurut Taurat, imam tidak boleh dilantik sebelum umur 30 tahun. Mengapa umur 12 tahun harus berjalan kaki berhari-hari dari Nazaret menuju Yerusalem? Karena Taurat menuntut anak 12th pergi ke Bait Allah & ditahbis menjadi Bar-Mitzvah. Mengapakah Yesus Kristus harus dipaku di atas kayu salib? Karena Dia menanggung dosa kau & saya. Menurut Taurat, yang berdosa harus mati.

Yesus dilahirkan melalui wanita, di bawah penguasaan Taurat. Matius 5, Yesus mengatakan, 'Jangan kira Anak manusia datang untuk meniadakan Hukum Taurat. Aku datang justru untuk menggenapkan Taurat' Dia harus taat - setiap titik, nada, huruf, garis dari yang dicatat dalam Taurat. Farisi memperkembangkan pengertian Taurat dalam PL, makin lama makin rumit/complicated. Akhirnya jadi ribuan topik/syariat Taurat dan Yesus tidak melanggar satu pun di antara segala perintah itu. Dalam sejarah seluruh dunia, ada satu orang yang pernah menggenapi seluruh Taurat, bukan Yahudi, rabi, Farisi, Musa; justru hanya satu orang, yaitu Yesus Kristus. Berapa banyak pemimpin agama yang munafik? Berapa banyak dosa disimpan di belakang jubah agama? Berapa banyak pemuka agama berbicara suci tetapi hidupnya najis?

Yesus tidak berdosa, kenapa? Karena Dia sudah menggenapi segala tuntutan Taurat. 100% tuntutan Taurat dijalankan oleh Dia.

2. Yesus memberikan pelajaran dan menjadi contoh bagi kita. Waktu ada keuntungan, Ia tidak merebut; waktu ada kesulitan, Dia tampil ke depan.

Di Getsemani Yudas menjual Gurunya. Para musuh iri & benci, ingin membunuh Yesus Kristus. Yesus Kristus mengatakan satu kalimat: 'Jika engkau menangkap Aku, biarlah orang-orang-Ku ini pergi'. Orang seperti ini sangat sulit ditemukan. Biasanya seorang yang mempunyai bawahan: bawahan boleh mati untuk saya, tetapi saya tidak akan mati untuknya.

Waktu sudah mengenyangkan 5.000 orang dengan roti, mereka mengatakan, 'Kalau demikian, kita tidak usah lagi memilih raja yang mana. Ini saja, karena Dia bisa mengenyangkan kita. Sandang, pangan tidak menjadi persoalan lagi.' Kalau Yesus menjadi presiden, semua kemiskinan akan dibasmi. Waktu Yesus mempunyai kesempatan politik menjadi nomor satu, tempat paling tinggi, Dia mengundurkan diri, naik ke bukit dan sepanjang malam berdoa kepada Allah. Adakah politikus seperti ini? Adakah pemimpin masyarakat seperti ini? Terlalu sedikit.

3. Yesus dilahirkan utk dibuang, diejek, ditolak, tidak diterima, dilupakan dan dilawan. Waktu Yesus kecil kira-kira 11 th, terjadi satu hal di kota asal-Nya, Nazaret. Kota Nazaret melawan Kaisar Roma, mengakibatkan lebih dari 100 orang digantung di kayu salib. Di pinggir jalan sepanjang Nazaret, orang-orang ditancap seperti tiang lampu. Bayangkan bagaimana Yesus kecil lihat banyak kayu salib yang dipancangkan. Dia menemukan arti itulah orang yang dipaku di atas kayu salib. Untuk pertama kalinya fakta riil,kejam,mengerikan, masuk ke impression Yesus Kristus sebagai kanak-kanak. Dan Dia berkata, 'Memang Aku datang untuk menjalankan kehendak Allah.'

4. Selama 24 jam, Dia diadili 6 kali oleh 4 macam manusia. Yang pertama, Herodes, mewakili politik yang tidak beres. Kedua, Pilatus, mewakili korupsi antara hukum dan politik. Ketiga, diadili oleh orang Yahudi yang mewakili massa yang buta. Keempat, Dia diadili oleh imam besar yang mewakili agama yang munafik.
Dia tidak mengeluarkan satu kalimat pun membela diri. Satu kalimat pun tidak keluar dari mulut Yesus untuk membela diri. Dia diam, menyerahkan diri di hadapan Allah yang Mahaadil. Biar diejek, dipukul, ditolak, dihakimi, dihina, namun Dia tinggal diam.