Kenapa Orang Kristen Tidak Bersujud Ketika Berdoa (Bukan Suatu Keharusan)?

Oleh: Johan C.P
 
 
Pada dasarnya Sujud bukanlah Gerakan yg khas, pasti & harus selalu ditujukan pada TUHAN. Karena kepada orangtua misalnya, juga ada wujud sujud sebagai penghormatan & ucapan terima kasih. Bahkan pada zaman dahulu sujud merupakan gerakan yg dilakukan utk memberi penghormatan kepada para tamu agung

Kejadian 19:1 Kedua malaikat itu tiba di Sodom pada waktu petang. Lot sedang duduk di pintu gerbang Sodom dan ketika melihat mereka, bangunlah ia menyongsong mereka, lalu sujud dengan mukanya sampai ke tanah,
Kejadian 19:2 serta berkata: "Tuan-tuan, silakanlah singgah ke rumah hambamu ini, bermalamlah di sini dan basuhlah kakimu, maka besok pagi tuan-tuan boleh melanjutkan perjalanannya." Jawab mereka: "Tidak, kami akan bermalam di tanah lapang."


atau kepada orang2/raja/pejabat/pembesar yg dihormati.

Kejadian 42:6 Sementara itu Yusuf telah menjadi mangkubumi di negeri itu; dialah yang menjual gandum kepada seluruh rakyat negeri itu. Jadi ketika saudara-saudara Yusuf datang, kepadanyalah mereka menghadap dan sujud dengan mukanya sampai ke tanah.


Bahkan juga sebagai suatu bentuk permohonan kepada sebuah kelompok utk meminta sesuatu.

Kejadian 23:12 Lalu sujudlah Abraham di depan penduduk negeri itu


Jadi, jika hendak membahas gerakan sujud sebagai wujud doa, maka lebih baik kita bicara mengenai INTI dari DOA itu apa sih? sekedar GERAKAN sujud? ataukah SIKAP hati?

Tidak ada ayat LITERAL yg secara langsung menyatakan soal Sujud bukan keharusan, Karena sekali lagi, dalam DOA yg terpenting adalah HAKEKAT, bukan sekedar SYARIAT.
Karena jika SUJUD adalah suatu KEHARUSAN, bagaimana dengan mereka yg mengalami masalah dengan Lutut? patah fracture misalnya? atau punggungnya bermasalah & tidak bisa duduk lama, tidak bisa nungging, dsb? tentu mereka tidak bisa memenuhi SYARIAT2 doa kan?

Jadi, orang Kristen Memahami bahwa ibadah yg sesungguhnya adalah sikap hati, bukan sekedar hal2 fisik, doa2 hafalan, dsb. Yesus mengutip :

Yesaya 29:13 Dan Tuhan telah berfirman: "Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan,


Yesus menegaskan bahwa inti ibadah adalah hubungan pribadi dengan TUHAN, bukan perkara fisik, bukan soal "apa, bagaimana & dimana berdoa", tapi soal "mengapa kamu berdoa". Inti ibadah adalah : Hubungan pribadi dgn TUHAN. Bukan soal sujudnya, bukan soal indahnya kata2, bukan soal panjangnya hafalan2 doa, dsb

Mat 6:5 "Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
Mat 6:6 Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.
Mat 6:7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan.